The Hunger Games

Apa pula ini tumben sekali si chachu bikin resensi buku? Hahahahaha… Sebenarnya ini mah niatnya mau pamer kalau Alhamdulillah yah, koleksi buku trilogi The Hunger Games karya Suzanne Collins saya sudah lengkap TMT 26 Januari 2012 hohoho.. Serial buku ini terdiri dari tiga buku (that’s why we call them trilogy, yaeyalah!). Buku pertama judulnya The Hunger Games, buku kedua Catching Fire, dan yang ketiga berjudul Mockingjay. Pertama kali saya membaca The Hunger Games waktu masih setengah menganggur dan masih jadi kaum papa, jadi seringan nongkrong di perpustakaan daripada di ruangan. Eh, jangan salah, saya nggak kuat mental baca2 buku sastra macam Rangga AADC, saya cuma baca novel, sampai hampir semua novel di perpus dibaca deh waktu itu. Naaaa, waktu pertama pinjam The Hunger Games, saya sama sekali tidak tahu kalau ternyata buku itu masih berkelanjutan ceritanya. padahal saya males banget sama buku pinjaman yang bersambung begitu, soalnya di perpustakaan seringnya tidak punya lanjutannya dan membeli pun saya tak mampu. Oleh karena itulah asalnya saya males, tapi karena sudah terlanjur baca sampai selesai baru tau kalau ada lanjutannya (:hammer) saya pun jadi pingin baca lanjutannya. Ceritanya bagus juga soalnya hehehe…

Mari kita mulai dari buku pertama, yang saya beli beberapa bulan lalu dengan cara nitip Nini yang pulang ke Jakarta, maklum disini nggak ada gramed, dan toko buku yang ada tidak lengkap :hammer. Di buku ini diceritakan bahwa negara Amerika utara telah musnah, dan sebagai gantinya berdirilah negara Panem dengan Capitol sebagai ibukotanya, yang dikelilingi oleh 12 distrik. Semula Panem terdiri dari 13 distrik, tetapi distrik 13 telah dimusnahkan pada pemberontakan 74 tahun yang lalu. Sebagai pencegah bagi distrik2 untuk memberontak lagi dan pengingat kepada distrik-distrik bahwa mereka berhutang kepada Capitol karena telah diampuni atas pemberontakan itu dan bukannya dimusnahkan seperti Distrik 13, setiap tahun Capitol menggelar The Hunger Games. Peserta Hunger Games adalah sepasang anak laki-laki dan perempuan yang berusia 12-18 tahun dari tiap2 distrik yang dipilih berdasarkan undian. Mereka akan dibawa ke sebuah arena yang sudah dirancang khusus. Disana, selain menghadapi berbagai jebakan mematikan, mereka akan bertarung saling membunuh hingga tersisa satu orang pemenang. Yang aneh, penduduk seluruh distrik diharuskan merayakan acara sadis ini selayaknya event olahraga nasional. Mereka semua harus hadir di tempat pemungutan undian dan memakai pakaian yang bagus. Ketidakhadiran akan dikenakan sanksi.

Tokoh utama dalam cerita adalah Katniss Everdeen, seorang gadis 16 tahun penghuni distrik 12. Tinggal di distrik paling miskin di Panem menjadikannya seorang pemburu ilegal di hutan milik Capitol. Pada saat berburu itulah ia bertemu dengan Gale Hawthorne yang kemudian menjadi sahabat baiknya. Pada hari pemungutan peserta, Primrose Everdeen, adik Katniss, terpilih menjadi peserta perempuan dari distrik 12. Katniss yang sangat menyayangi adiknya, mengajukan diri untuk menggantikan Prim dalam Hunger Games. Peserta laki-laki dari distrik 12 adalah Peeta Mellark, teman sekolah Katniss yang pernah memberinya roti saat Katniss dan keluarganya hampir mati kelaparan tetapi mereka tidak pernah saling bicara. Kemudian, dimulailah petualangan Katniss dan Peeta di Hunger Games.

Menurut saya pribadi waktu awal baca sih, endingnya mudah tertebak, tokoh utama pasti menang. Apalagi ada buku lanjutannya. Tapi ternyata nggak gitu-gitu amat lho. Menangnya si Katniss ini nggak cuma menang biasa. Kalau tidak percaya, monggo dibaca. jalan ceritanya juga seru. Jadi tidak membosankan sewaktu di baca.

Kalau buku kedua yang berjudul Catching Fire ini saya beli di Gramed Pandanaran Semarang sewaktu pulang lebaran. Niatnya sih buat bacaan di Lombok hehehe. Buku kedua ini justru saya beli sebelum saya mempunyai buku pertamanya lho. Tapi sebelum beli buku terjemahan Indonesianya, saya sudah membaca versi Inggrisnya. Tentu saja dengan memanfaatkan internet yang menyediakan ribuan ebook bajakan alias free download hahahaha. Jahat ih saya. Tapi kan akhirnya beli juga hehehe.

Cerita buku ini masih seputar Katniss dan Hunger Games. Tahun ini merupakan perayaan Quarter Quell yang diadakan setiap 25 tahun. Pada Quarter Quell pertama, peserta dipilih melalui pemungutan suara para penduduk distrik, bukan melalui undian. Yang kedua, jumlah peserta menjadi sua kali lipat, sehingga yang bertarung di arena menjadi 48 peserta. Dan di Quarter Quell yang ketiga ini, peserta diundi dari para pemenang Hunger Games selanjutnya. Karena Katniss merupakan satu2nya pemenang perempuan yang masih hidup dari distrik 12, otomatis ia masuk lagi ke arena Hunger Games. Ada-ada saja ya? Hehehehe…

Sedangkan buku Mockingjay saya dapatkan di Gramedia minggu lalu saat iseng ngemall di Bali dan ternyata sudah keluar terjemahannya. Walaupun saya sudah baca versi Inggrisnya, tapi karena sudah kadung punya dua buku sebelumnya, saya beli sekalianlah buku ini. Lumayan untuk bacaan saat menunggu kapal di Padangbai. Kalau yang ini ceritanya sudah beda. Nggak asyik kalau saya ceritakan duluan hehehe..

Kalau menurut saya, setiap buku dari trilogi ini merupakan suatu bagian dari novel yang besar dan tidak bisa dipisahkan, karena ceritanya sambung menyambung, tidak seperti Harry Potter yang memiliki petualangan yang berbeda di setiap bukunya. Dan ternyata The Hunger Games mau diangkat ke layar lebar lho. Premiere-nya 23 Maret nanti. Sedang bingung nih mau nonton dimana, hiks. Semoga bisa pulang ke Jawa hehehe… Ini dapet trailernya di youtube, enjoy

Advertisements

4 thoughts on “The Hunger Games

  1. pinjem dong neng bukunya..
    *makin ga modal*

    saya doakan Anda pulang ke jawa waktu hunger games tayang di bioskop.
    amin.. 🙂

    chachu:
    tak kirimin versi Inggrisnya mau mau? hehehe..
    Amiiiiinnnn, sekalian kondangan #eh
    hahahahaha :p

  2. kemarin aku nyaris mau beli.. tapi apa daya.. harus berhemat demi bisa pulang
    aku yo bingung ki.. pingin nonton, tapi di mana?


    chachu:
    mendingan baca ebooknya dulu hehehe, kapan emang pulang lagi mel?
    senengnya sering2 pulang 😀
    pas tayang di bioskop semoga kita semua sudah di Jawa *ngarep*

  3. kayaknya keren bukunya?
    dikasih bintang berapa, nih buat bukunya?

    chachu:
    iya keren, kisah romansanya ada, tapi nggak mendayu2 dan mendominasi jalan cerita
    jadi kasih bingtang empat dari lima deh hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s