Membership Celebrity Fitness – hmmm…

Seperti yang sudah saya ceritain disini, bulan Oktober lalu saya menggunakan voucher groupon buat dapet 1 month unlimited access ke celebrity fitness. Awalnya, saya pikir kalau mau redeeem voucher ini kayak voucher2 groupon yang lain. Tinggal dateng, tunjukin vouchernya, masuk deh. Tapi ternyata di celfit perjalanan voucher groupon tidaklah semulus itu kawan.

Saya dan Noven rencananya mau redeem malem hari setelah pulang kerja. Karena di ketentuannya kalo mau redeem pas weekdays harus bikin reservasi dulu, siangnya saya telepon ke celfit, ngomong kalo malemnya mau dateng. Dan sama marketingnya (saya nggak nanya namanya hihihi) saya dipersilakan dateng aja langsung malemnya nanti biar langsung diproses, gitu katanya. Jadi malemnya, dari stasiun saya langsung ke celfit dengan masih pake baju kerja, sedangkan si Noven mah udah ganti baju plus sepatu olahraga karena tempat kerjanya lebih deket jadi dia sempet pulang dulu. Dipikirnya kami bisa langsung masuk olahraga gitu, ternyata diajak ngobrol2 dulu sama mas marketingnya (selanjutnya kita sebut saja MM) hahahaha… Awalnya basa basi dulu, ditanyain udah pernah ke celfit belum, tau darimana, blablabla. Pas kita jawab tau dari webnya groupon bilangnya jarang banget ada orang tau kalo ada promo begini. Padahal sih kalo saya liat di groupon, banyak banget lakunya voucher ini hihihihi. Terus ditanyain juga tujuannya olahraga mau apa? Nurunin berat badan? Nambah berat badan? Ya kali nambah berat badan mas *manyun*… Sama targetnya juga deng, mau turun sekian kg itu dalam waktu berapa bulan. Setelah itu kami diajak jalan2 keliling liat2 fasilitasnya, apa aja benefitnya kalo jadi member.

Habis keliling2, kami diajak nimbang di sebuah timbangan kece namanya tabita (atau tanita? sori lupa). Masukin umur, gender dan tinggi badan terus berdiri tanpa alas kaki sambil pegang handle yang ternyata adalah sensor. Tunggu beberapa saat, kondisi tubuh kita pun keluar catatannya dalam sebuah struk. Disitu ada berat badan total, berapa persen fat di tubuh kita beserta penyebarannya di mana aja, berapa berat kita tanpa fat, berapa water mass. Dan liat itu aja saya syok. Aduh sakit banget deh rasanya liat di bagian fat wkwkwkwk. Padahal dua minggu sebelumnya nimbang masih nggak seberat ini. Thanks to diklat seminggu dengan catering enak2 plus coffee break pagi sore yang menyenangkan. Hiks.. Dari struk tersebut, kita dijelasin sama personal trainer tentang kondisi tubuh kita, latihan kayak apa yang harus kita lakukan, gitu.

Nah, selesai urusan timbang menimbang, tibalah saatnya maksud utama si MM ngajak kami ngider2 dari tadi itu. Kakak, kalo buat menurunkan berat badan sesuai target kakak tadi, waktu sebulan aja kan nggak cukup, jadi lebih baik ikutan membership sekalian. Eaaaa eaaaa… Sejak awal sih saya sama noven emang nggak tertarik jadi member sih, saya juga nggak begitu suka olahraga di gym (disini tiba2 kangen main badminton deh, sudah sekian lama). Jadi kami cuma mau memanfaatkan voucher aja. Tapi ya kami dengerin dulu lah tawaran dari masnya hehehe… Harga perbulan membershipnya berbeda-beda tergantung tipe yang mau kita pilih. Yang merah putih, buat akses ke seluruh club celfit se Indonesia dikasih harga 800sekian ribu, yang all club sejabodetabek 700sekian, yang single club 545ribu. Kalo harga single club ini berbeda-beda katanya tiap tempat. Karena disitu clubnya yang ekspres (yang warna orange), harga member single clubnya lebih murah daripada yg VIP (warna ungu). Kalau kita mau daftar jadi member, kita harus bayar biaya membership 2 bulan untuk bulan pertama dan bulan ke 12 (yang belakangan saya tau dari CS kalo ini bukan buat bulan ke 12 tapi bulan terakhir selama keanggotaan kita), join fee 1,5 juta dan admin fee 500ribu. Jadi kalo mau daftar single club, yang harus dibayar di awal kira2 3jutaan per orang.

Wait whaaaat? 3 juta? hahahaha… Nggak deh mas, makasih. Kita berdua langsung nolak hahahaha… Mungkin kalo beneran mau komit sih nggak papa ya, tapi saya juga nggak yakin kalo saya bakal bertahan hihihihi.. Lagian buat mbak2 yang kantornya dimana rumahnya dimana gym-nya dimana macem saya, seminggu dua kali bisa dateng aja udah suatu prestasi tersendiri. Kalo weekend juga nggak janji dateng, kan mau main, nemenin anak, nemenin suami juga hihihi.. Jadi buat saya sih harga segitu kemahalen. Beda jauh sama gym di Selong yang sebulan cuma 75ribu hihihihi *lalu dikeplak*.

Karena kamu nggak mau, MM bilang hari ini pas banget ada promo buat pemegang CC BCA, jadi tinggal bayar membership fee 2 bulan aja, nggak usah bayar join fee sama admin. Pas banget kan ada alasan lagi kami nolak karena kami nggak punya CC BCA hahaha… Akhirnya MM mau bilang ke manajernya dulu ada promo lain nggak, selanjutnya yang ngerayu kami buat gabung adalah Mas Manajer Marketing (MMM). MMM langsung bilang mau kasih kami harga 496ribu buat single club kalo kami join malem itu juga. Kami bilang mau ijin sama suami dulu (dan seperti yang saya duga, pak bojo juga nggak kasih ijin dong hihihihi). Pas kami bilang lagi nggak bisa, MMM nawarin kami program yang sangat menggiurkan. Jadi saya dan noven cukup bayar masing2 496rb, aja bisa buat nambah sebulan latihan setelah vouchernya habis plus dikasih PT 4 kali. Karena saya pikir cuma nambah sebulan aja dan nggak bakal diikutsertakan dalam membership, sama dan noven pun setuju. Kenapa nggak mau jadi member? Karena kontraknya selama 12 bulan, kalo sebelum itu kita stop, bakal kena penalti. Walaupun si MMM bilang karena kita bayar pake debit, kalo mau tinggal sih tinggal aja. Selain berhenti jadi member, kalau kita mau nggak olahraga dulu (misalnya kalo hamil, nggak mungkin nge gym kan?), bisa cuti keanggotaan. Tapi ternyata kalo mau cuti ini tetep bayar bulanan juga walaupun nggak sebanyak member aktif hehehe… Malam itu pun kami pulang tanpa sempat olahraga.

Nah, masalahnya dimulai akhir2 ini. 2 minggu lalu si Noven ada semingguan nggak dateng ke gym karena keluar kota. Pas saya dateng, saya udah dapet kartu member (nggak kaget juga karena si MM bilang kita tetep bakal dikasih kartu dan tas). Saya bilang dong ke noven kalo kartu kita udah jadi. Selasa kemarin pas kita mau yoga, Noven tanya ke CS ternyata kartunya belum jadi. Mas CS bilang kalo sampai besok belum, komplain aja, dan dia juga udah lapor ke manajernya. Ternyata sampai sabtu kemarin belum ada juga itu kartunya. Menurut CS, bahkan nama noven nggak terdaftar di sistem. Kami nggak akan marah kalo nama saya juga nggak ada, karena kami ikut program yang sama, bayar jumlah yang sama, daftarnya bareng pula. Setelah kami konfirm ke MMM, yang dapet kartu memang cuma bisa 1 aja karena kemarin kami bayarnya patungan. Kalo emang si noven mau dapet kartu, akhir bulan kedua nanti dia harus bayar biaya membership 2 bulan, untuk bulan desember dan januari, sedangkan saya tinggal bayar bulanan aja. Kaget dong kami, kenapa jatuhnya bisa beda gitu.

Setelah diskusi yang cukup alot plus noven ngomel2 sama CS (yang sebenernya dia nggak salah hihihihi), diketahui kalau 496ribu x 2 yang kami bayar malam itu semuanya dimasukkan ke sistem atas nama saya. Jadi saya dianggap udah bayar biaya member awal dan akhir dan sah jadi member, padahal uang itu separuhnya si noven yang bayar. Emang sih di bulan kedua noven tetep bisa masuk. CS bilang sebenernya dia nggak bisa masukin karena namanya nggak ada dalam sistem, tapi karena dia tau kasus kami, dia kasih kami masuk. CS juga bilang kalau sebenernya dia nggak suka cara marketing yang kayak gitu, dan harusnya tetep kena teguran dari manajer. Kami sih nggak mau tau gimana di belakang, tapi kalo emang “dibantu”nya dengan cara kayak gini, kenapa nggak bilang dari awal aja, biar nggak ribut di belakang gini, hiks. Kami pun nggak yakin kalo si MMM bilang harus bayar dulu 2 bulan itu beneran buat bulan desember dan januari. Pasti buat desember dan akhir keanggotaan deh. Hufff.

Tulisan ini murni pengalaman saya dan noven yang sedikit kecewa tanpa bermaksud mendiskreditkan pihak manapun. Overall kami enjoy kok nge gym di celfit, kalo dipikir2 juga fasilitas yang didapet worth the price. Cuma apakah jadi prioritas atau enggak aja hihihihi.. Tapi sejauh ini emang tempting banget ngelanjutin membershipnya :mrgreen: Anyway, saya dan Noven secara pribadi sepakat kalo emang nantinya mau lanjut, biaya 2 bulan yang harus dia bayar, yang sebulannya kami bagi dua. Biar adil karena yang dia bayar diawal masuk ke nama saya. Masih tetep dapet sebulan separuh harga sih kami heuheuheu… Tapi ya itu, kalau mau lanjut. Saya sih masih pikir2 hihihihi…

Oiya, kalo mau dateng per visit (drop in) juga bisa. Sekali dateng bayar 250ribu katanya. Mahal banget yaaa heuheuehu.. Tapi kemarin saya liat tante2 yang mau bayar per visit dan bilang ke CS kalau dia biasanya bayar 100ribu aja sekali dateng.

Sekian, sorry for the long post. Cheers 😀

5 thoughts on “Membership Celebrity Fitness – hmmm…

Leave a Reply

