NHW #1 Matrikulasi IIP: Adab Menuntut Ilmu

Beberapa waktu yang lalu ada teman yang ngepost di WA tentang kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional. Karena merasa diri kurang ngelmu dalam menjadi ibu, tertarik lah saya ikutan hihihihi.. Demi menjadi ibu yang baik, hohohoho..

Minggu ini kelas perkuliahan yang pertama sudah dimulai yaitu tentang Adab Menuntut Ilmu. Setelah diberi materi, para peserta dikasih PR yang harus dikerjakan demi kelulusan dan kebaikan masing2 hehehe… Berhubung blog ini sudah terlalu lama hiatus, ya sekalian aja ya PR-nya dikerjain disini.

Oke. Sudah prolognya, mulai mikirnya. Ini bahasanya dibuat serius aja lah ya hihihi…


ADAB MENUNTUT ILMU

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi Ibu Profesional Batch #3, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.
Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW.
Dalam materi “ADAB MENUNTUT ILMU” kali ini, NHW nya adalah sbb:

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.
3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia
Salam Ibu Profesional,


 

#1 Jurusan yang Ingin Ditekuni

Sebenarnya banyak bidang ilmu yang ingin saya tekuni dalam universitas kehidupan, karena apalah saya ini manusia biasa yang masih banyak kekurangan hehe. Namun ilmu yang ingin saya (dan kebetulan suami juga) tekuni adalah ilmu berbagi dengan ikhlas.

Ada dua hal yang termasuk disini (menurut sayaaaa), yaitu berbagi rezeki alias bersedekah dan berbagi ilmu.

#2 Alasan Menekuni Ilmu Tersebut

Saya adalah bagian dari masyarakat, dan sudah sepantasnya saya dapat memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar saya. Namun seringkali saya merasa egois dan menolak untuk peduli kepada sekitar, atau kurang ikhlas ketika memberikan sesuatu hanya karena perasaan tidak enak hati atau terpaksa (misalnya kalau ada orang minta “sumbangan” alias malak halus).

Namun, saya dan suami pernah berdiskusi, kami akan lebih senang apabila kami dapat berbagi dengan orang lain dengan cara memberikan kailnya, bukan ikannya (aduh, apa ya bahasanya?). Oleh karena itu, saya punya cita-cita agar keluarga kami dapat bermanfaat bagi orang lain (in a good way).

#3 Strategi Menuntut Ilmu

Dalam menuntut ilmu, tentunya diperlukan niat dan tekad yang kuat, terlebih lagi dalam merealisasikan ilmu tersebut kedalam kehidupan sehari-hari. Dalam menuntut ilmu mengenai berbagi, menurut saya strategi yang paling pas adalah learning by doing.

Dalam hal berbagi ilmu, saya harus belajar lebih banyak mengenai hal-hal baru dan mendalami hal tersebut agar saya dapat membagikannya kepada orang lain tanpa merasa tersaingi. Lebih cocok jika kita memposisikan diri kita sebagai gelas setengah kosong yang masih dapat diisi dengan lebih banyak ilmu baru.

Dalam hal bersedekah, saya harus lebih aktif dalam kegiatan sosial, memperbanyak bersyukur, dan menyegerakan bersedekah setelah menerima gaji (bukan nanti-nanti).

#4 Perubahan Diri yang Harus Dilakukan

  • Menghilangkan prasangka ketika membantu orang lain (misal, memberi sumbangan tetapi dalam hati “jangan2 ini buat dirinya sendiri tapi mengatasnamakan panti asuhan” atau “jangan2 pengemis ini sebenernya kaya”). Meluruskan niat untuk berbagi, cukup sampai di kata berbagi saja, nggak perlu embel-embel. Urusan mereka lah mau dipake apa bantuan kita.
  • Sikap mental merasa kekurangan – “duh, kalo ngasih segini, besok masih cukup buat ini nggak yaaa..”
  • Tidak pelit ilmu, misalnya tetap berbagi tips walaupun kepada orang lain yang menekuni usaha yang sama
  • Tidak merasa paling pintar dan lebih baik dari orang lain – ini penting!
  • Bersikap optimis dalam bekerja, syukur2 bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain di sekitar kita.

Duh, ternyata galau juga menulis Nice Homework ini hihihihi… Tadinya udah nulis mau ilmu ini, trus tergoda yang lain, akhirnya stuck dan balik ke ini lagi hohoho… Tapi sambil nulis, entah kenapa saya jadi sadar hal-hal apa yang saya perlu lakukan. hmm.. Jadi nggak salah lah ikut kelasnya IIP hehehehe.

Cheers 😀

Advertisements

4 thoughts on “NHW #1 Matrikulasi IIP: Adab Menuntut Ilmu

    • Institut Ibu Profesional saaaay, kuliah online. Aku juga baru ikutan matrikulasinya aja hihihihi…

      Ini tugas minggu pertama. Setiap minggu ada materi, terus dikasih PR, boleh dikerjain di blog gitu ntar kita submit link nya aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s