Nice Homework #3 Matrikulasi IIP

Sebenarnya tugas kali ini diberikan berbeda untuk tiap keadaan (Pra Nikah, Nikah dan Single Parent). Tapi biar nggak kepanjangan saya tulis yang nikah aja ya, biar sesuai dengan jawabannya.

MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH 

Bunda, setelah kita belajar tentang “Membangun Peradaban dari Dalam Rumah” maka pekan ini kita akan belajar mempraktekkannya satu persatu.

Bagi anda yang sudah berkeluarga dan dikaruniai satu tim yang utuh sampai hari ini.

  1. Jatuh cintalah kembali kepada suami anda, buatlah surat cinta yang menjadikan anda memiliki “alasan kuat” bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak-anak anda.Berikan kepadanya dan lihatlah respon dari suami.
  2. Lihatlah anak-anak anda, tuliskan potensi kekuatan diri mereka masing-masing.
  3. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak dan suami, silakan baca kehendak Allah, memgapa anda dihadirkan di tengah-tengah keluarga seperti ini dengan bekal kekuatan potensi yg anda miliki.
  4. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?

Setelah menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut di atas, sekarang belajarlah memahami apa sebenarnya “peran spesifik keluarga” anda di muka bumi ini. Selamat membaca hati dan menuliskannya dengan nurani. Sehingga kata demi kata di nice homework #3 kali ini akan punya ruh, dan menggerakkan hati yang membacanya.

Salam Ibu Profesional

/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/


a. Surat Cinta untuk Suami

Berhubung NHW 3 ini dasampaikan tanggal 7 malem dan baru saya baca tanggal 8 Februari pagi, which is bertepatan dengan ulang tahun pernikahan saya dan suami yang keempat. Pas berangkat kerja jadi mikir keras mau nulis surat cinta seperti apa, secara saya dan suami sama2 bukan orang yang romantis dan saya pun nggak bisa bikin kata2 puitis. Tapiiii saya bertekad love letter itu harus selesai hari ini juga, biar momennya dapet pas anniversary.

Selain isinya, saya bingung juga dengan presentasinya. Tadinya pengen diketik lalu dihias-hias dengan cantik gitu. Tapi setelah dipikir-pikir kayaknya kalo diketik kok kurang personal gitu. Jadinya saya buat surat cinta yang chachu banget, ditulis tangan (yang udah diusahakan rapi tapi tetep aja berantakan hahaha), kertasnya pun pake bekas konsep surat yang salah di kantor biar economical hihihi. Tapi sayangnya nggak sempet menghias karena sambil kerja di kantor hehehe… Setelah corat-coret menuangkan perasaan dengan spontan, jadilah suratnya sepertiiiii ah malu deh, nggak usah ditampilin ya hehehe… Pokoknnya culun dan nggak puitis.

Menurut saya, misi dari surat ini sebenarnya adalah membuat kita jatuh cinta lagi dengan pasangan. Maafkan segala kesalahan dan kekurangannya, munculkan lagi kebaikan dan kelebihannya yang membuat kita jatuh cinta. Buat saya, misi surat cinta ini sukses!

Bagaimana respon suami? Saya mengirimkan surat ini via email karena kebetulan suami sedang sibuk jadi kami nggak bisa ketemuan untuk makan siang bareng, dan sorenya mas bojo ada tugas di luar kantor dan saya harus pulang malam *sigh*. Begitu saya bilang saya kirim surat di WA dan dia sudah baca, mas bojo bilang

Yah walau kamu salah tanggal nikahnya saya maafkan 😍😍😍

Terima kasih istriku

Doengggg!! saking bersemangatnya, saya salah dong nulis tahun pernikahannya, harusnya 2013 saya tulis 2014 wkwkwkwk… Maafkan istrimu ini mas boj 😀 Malamnya ketika saya pulang, suami sudah tidur, tapi kemudian bangun cipika cipiki “hey udah pulang, happy anniversary ya”. Kirain mau bangun terus ngajak ngobrol, ternyata ditinggal ganti baju beliau sudah molor lagi hihihihi 😛 Tapiii besoknya pulang kantor saya diajak kencan ngopi. Nggak tau sih itu efek surat cinta atau bukan, yang pasti saya jatuh cintaaa 😀


b. Potensi anak-anak

Mas Zanky (3 tahun)

Secara general dan practical life:
a. suka mainan-mainan yang mekanis dan bersifat problem solving
b. daya ingat kuat
c. suka berbagi dengan teman (tidak pelit, asal temannya nggak merebut paksa)
d. mulai mandiri (pipis sendiri, pakai baju sendiri, makan sendiri, mengambil barang2 sendiri)
e. kritis, banyaaaak banget pertanyaannya dan out of the box
f. kreatif
g. mulai paham dan menggunakan kata tolong dan terima kasih
i. mulai paham rasa bersalah dan mau bilang “mas zanky minta maaf”

Linguistik:
a. suka membaca buku, menyimak dongeng/cerita dan mampu menceritakannya kembali
b. mampu menceritakan kegiatan ketika di rumah saat bapak dan ibu ke kantor
c. perbendaharaan katanya banyak

Mathematics:
a. mulai mengerti konsep lebih banyak-lebih sedikit
b. mengerti jumlah benda sampai 5
c. mengerti angka 1-16 (gara2 kebanyakan fun thinkers wkwkwkwk)

Body:
a. sehat dan proporsional, nggak gendut nggak kurus
b. suka makan sayuran hijau dan buah
c. sukaaaa aktivitas fisik dan nggak capek2 hahaha

Dedek Anjani (4 bulan 3 minggu)

Karena Jani masih bayik potensinya perkembangannya aja ya (padahal punya zanky ya perkembangan juga sih hehehe).
a. bisa tengkurep dengan mudah dan baru belajar balik
b. apa-apaaaa dimasukin mulut
c. murah senyum
d. nggak rewelan
e. mulai menopang badan dengan tangan plus nungging2


c. Potensi Diri

Aduh kalau disuruh menilai diri sendiri itu paling susah ya…
Sepenangkapan saya, chachu itu:

1. Kreatif.
—Banyak ide, banyak akal bulus, tapi sayang eksekusinya masih agak kurang hahaha.
2. Problem solving.
—Emang sih kadang suka bikin masalah, tapi ya Alhamdulillah bisa menemukan jalan keluar.
3. Humoris
—Suka becanda, bawaanya mau becanda terus. Alhamdulillah jadi gampang akrab dengan orang.
4. Suka belajar hal baru
—Kalo udah tertarik dengan sesuatu bisa banyak2 menggali  informasi dan praktekin
5. Tegas
—Nggak mau ya nggak mau

Mengapa saya dihadirkan di keluarga ini? Supaya saya belajar berbagi (karena selama ini masih suka egois), belajar menjadi pribadi lebih baik dan dewasa, lebih bertanggung jawab dan semoga bisa mengantarkan suami dab membimbing anak2 menjadi sukses. Aamiin..


d. Lingkungan

Saya tinggak di sebuah kompleks perumahan, lumayan jauh masuknya dari gerbang kompleks dan berbatasan langsung dengan jalan tikus menuju kampung. Tetangga sekitar rumah terdiri dari berbagai ras, agama, dan kondisi yang berbeda-beda. Saya bersyukur berada di lingkungan rumah saat ini karena disini saya dan keluarga dapat belajar untuk berbagi, seperti misi di NHW 1. tantangannya tentunya, mengajarkan anak2 tentang perbedaan. Kami harus lebih peduli pada lingkungan sekitar, meningkatkan toleransi dan memahami keberagaman, saling membantu, belajar dari salah satu tetangga yang menurut saya ilmu berbaginya sudah tinggi dan semoga bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.


Panjang ya? Iyaaaa… Alhamdulillah selesai hehehehe…

Cheers 😀

2 thoughts on “Nice Homework #3 Matrikulasi IIP

  1. hebat ya si zanky sudah bisa mengenal angka dan huruf
    nek shafiyyah karena tiap hari diajak ibunya ngajar jadi paham beberapa kosa kata arab dia. wkwkwk

Leave a Reply

