DIY Salt Dough

Beberapa minggu yang lalu, Z lagi suka banget mainan play dough. Udah dibeliin yang sepaket sama es krim-es kriman, tapi lama2 habis jadi serpihan2 kecil dan mulai mengering.

Berhubung ibunya lagi rajin bikinin mainan, kepikiran lah buat bikin dough aja sendiri. Kebetulan pernah liat resepnya di indonesiamontessori.com dan gampil banget.Bahannya cuma tepung dan garam meja halus dengan perbandingan 2:1 ditambah air secukupnya yang sudah diberi pewarna dikit aja. Semuanya udah ada di rumah.

Di gramed, satu set fun-doh kecil isi 5 warna kalau nggak salah harganya 26ribu. Kalau bikin sendiri cencunya lebih ekonomis. Pake tepung (lupa harganya, pake stok dirumah segitiga biru buat bikin gorengan hahaha), garam refina 8ribu, plus pewarna lupa juga harganya. Menurut saya gapapa loh beli pewarna makanan ini, soalnya bisa dipake bikin banyak jenis mainan (dan makanan juga tentunyah!).

Kebetulan di rumah ada 4 pewarna makanan sisa dulu bikin finger paint: merah, kuning, ungu, hijau, dan satunya warna coklat hasil campuran berbagai warna yang ditetesin sembarangan sama Z hahaha…

photogrid_1486864067584.jpg

Giling giling giling, nggak punya rolling pin, botol asip adeknya pun bisa dipake hehehe…

photogrid_1486863922758.jpg

Ternyata ada cookie cutter juga dirumah. Hasil beli2 gelap mata yang nggak pernah dipraktekin hahaha… Lumayan bisa dipake main.

Setelah mainan, diajakin cuci sendiri mangkok-mangkok buat bikin adonan tadi, sekalian latihan practical life untuk montessori di rumah. Supeeeer happy!

Mainan ini bisa bikin anaknya anteng lamaaa tanpa gadget dan tv. Ya asal mau rempong dikit beberes setelahnya sih. Makanya saya cuma ngebolehin Z messy play kalo weekend pas saya di rumah. Jadi yang bersihin kami berdua, nggak ngerepotin budhe.

Setelah mainan, salt dough ini saya simpan di wadah tertutup, besoknya masih bisa dimainin lagi. Katanya kalo didiamkan di ruang terbuka bisa mengeras, tapi entah kenapa tulisan merah dan ikan ungu yang dibikin bapaknya Z malah berair, bukannya mengering. Yasudah deh jadinya kami tambahin tepung dan buat main lagi besoknya hehehe…

Cheers 😀

Advertisements

3 thoughts on “DIY Salt Dough

  1. I HATE TO SAY THIS CHU
    tapi aku pernah baca fatwa ulama Saudi kalo permainan playDoh ini termasuk dalam menyia”kan makanan…
    ya insyaAllah masih banyak kok permainan lain buat baby Z…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s