NHW #4 Matrikulasi IIP

Seriously, NHW kali ini benar2 bikin saya merenung dan berpikir keras hehehe… Apa yang akan saya lakukan dimasa-masa mendatang? Sesungguhnya ilmu-ilmu yang saya peroleh dari matrikulasi IIP ini baru akan terasa masuk pada saat membuat NHW. NHW ini membuat tujuan dan langkah semakin terarah, jadi kalau nggak dilakukan ya wes, teronggok gitu aja deh ilmunya tanpa ada kemajuan.

*PLAK*

Dikeplak deh sama NHW hehehe…
Di sela2 mengerjakan tugas harian di kantor yang jadi ngak fokus karena jadi lebih banyak merenungi hidup, Bismillah…  Tulisan berikut dibuat dalam rangka memenuhi NHW #4, mungkin ke depannya akan banyak revisi karena ini adalah proses.


NHW #4 / Annisa Deni Istina

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Dengan kejadian2 yang terjadi di dalam dan sekitar keluarga saya beberapa minggu belakangan, Insya Allah saya semakin yakin dengan ilmu yang ingin saya tekuni sesuai dengan NHW #1, yaitu berbagi dengan ikhlas untuk sesama.

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Nah ketahuan deh saya kurang konsisten ngisinya. Saya akan jadikan NHW #4 ini sebagai tamparan agar saya segera sadar hihihihi… Sibuk boleh, tapi masih harus lebih keras lagi kepada diri sendiri. Catet!

c. Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Berhubungan dengan poin a, beberapa minggu ini ada beberapa kejadian yang menambah keyakinan saya (dan suami) bahwa kami harus menjadi keluarga yang bermanfaat bagi orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mulai dari tetangga yang mengasuh anak yatim yang mengalami kesulitan, sampe dipertemukan dengan anak2 putus sekolah yang harus bekerja demi keluarganya. Jadi, misi saya tetapkan seperti ini:

Misi hidup: menjadi individu yang bermanfaat bagi orang lain.
Bidang yang akan dikuasai:
1. Pendidikan anak
Tujuan: mendidik dan mengantarkan anak menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama
Peran: Mentor, Director
2. Enterpreneurship (khususnya fabric and leather craft)
Tujuan: Menjadi pengusaha agar dapat membantu orang lain dalam kehidupan sosial dan membuka lapangan kerja
Peran: Pelaku dan inspirator

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

  1. Pendidikan anak
    Saya ingin mendidik anak-anak saya agar menjadi manusia cerdas yang di kemudian hari dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Ilmu yang saya perlukan untuk mendidik anak2 saya akan saya pelajari di dalam IIP: Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif dan Bunda Shaleha. Selain itu juga harus mempelajari metode2 pendidikan anak yang baik.
  2. Enterpreneurship
    Ilmau yang harus dikuasai: marketing, manajemen keuangan, manajemen SDM, belajar fabric and leather craft lebih dalam

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

  • KM 0 saya tetapkan mulai Januari 2015 saat saya membeli mesin jahit.
  • KM 0 – KM 2 = menguasai ilmu basic dan intermediate fabric wallet and bag making
  • KM 2 – KM 5 = menguasai ilmu dalam kurikulum IIP,  mempelajari dan mempraktekkan ilmu pendidikan anak usia dini, membuka usaha sesuai passion (handmade goods) dan belajar ilmu marketing, belajar advance fabric bag making dan intermediate leatherwork
  • KM 5 – KM 8 = Membuka rumah main dan taman baca di rumah, menguasai advance leatherwork skill, menguasai ilmu manajemen SDM dan manajemen keuangan wirausaha

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Done.

g. Lakukan, lakukan dan lakukan.

Bismillahirrohmanirrohim… Ingatkan saya kalau saya malas2an ya Mas Boj..

One thought on “NHW #4 Matrikulasi IIP

Leave a Reply

