Membuat Diorama Gunung Meletus

Z suka sekali membaca buku. hampir tiap hari dia minta dibacakan buku. Bulan lalu, saya dan Bapaknya Z membeli satu set ensiklopedia untuk anak. Mungkin sebenernya sosoknya buat anak usia SD kali ya, soalnya gambarnya kebanyakan serius, bukan dicartoonized. Maksudnya, nunjukin kambing ya gambarnya kambing beneran gitu, bukan gambar shaun the sheep, hahaha… Jadi setelah beli itu sempet khawatir juga kalo si bocah nggak akan tertarik. Apalagi temen kantor ada yang komentar, “Anak lo 3 tahun udah dibeliin buku begitu? Yaelah mana mauuuu…”. Hiks, pedih hati ini kak, langsung berasa kecekik banget (dompetnya, harganya lumayan bikin manyun hiks). Tapi ternyataaaaa…. Z sukaaaaaa…. Duh anak Ibuk emang ya, hihihihi… Jadi pengen beliin buku lagi hohoho… *minta dijitak suamih*.

Nah suatu hari dia lagi asik baca2 bukunya yang tersebarrrr di lantai dan menemukan “cerita” tentang gunung. Z langsung tertarik dan mulai menanyakan gambar-gambar yang ada di buku itu. Jangan remehkan anak usai dini lho, pertanyaannya sangat kritis dan nggak mudah puas kalau dijawab ngasal hahaha. Dia menunjuk gambar gunung meletus lalu tanya2, Ibuk ini apa? Kok gunungnya bisa meletus? Keluar apinya ya? Kok bisa? Paling susah menjelaskan gambar lempeng bumi yang bergeser karena gempa. Haduh ini kek mana gue mau jelasinnya? Hahahahaha…

TRINGGGG! Kepikiran deh, kenapa nggak bikin aja miniatur gunung meletus kayak di acara2 pengetahuan anak di tipi2? Hahahaha… Langsung deh hunting bahan2. Kebetulan di rumah ada salt dough yang udah dibuat kemarin, bisa lah dijadiin gunungnya. Soda kue dan cuka juga ada, ngambil punya mas bojo bekas dia bersihin noda. Pewarna, ada juga. Tinggal miniatur hewan-hewan sama hutan yang nggak ada. Tapi yaweslah seadanya aja, yang penting anaknya seneng.

Cara buatnya gampang kok. Prinsipnya, tinggal dough dibentuk kerucut tapi dilubangin di atasnya biar kayak gunung. Nggak usah dalam2 lubangnya, tapi juga jangan kurang dalam. Alah dikira2 aja lah hihihihi… Setelah itu isi lubang dengan baking soda/soda kue yang udah diberi pewarna merah.

Saya nemu pasir ijo punya Z, yaudah lah pura2 jadi rumput. Terus hewan2nya kuga kegedean, lebih gede dari gunungnya nggak papa lah hihihihi…

Setelah siap, saya minta Z yang nuang cuka. Kalo baking sodanya masih bagus, harusnya keluar buih seperti lava.

gunung meletuuus

Hewan-hewan mulai panik. Z teriak-teriak “Toloooong… Rumah kami kena gunung meletuuuus…!” Untung nggak ada tetangga yang panik 😁 Oiya itu baking sodanya sudah mulai nggak merah lagi, Z udah rikues apinya mau warna warni -_-

Rumah kamiiiii….
Tenang, Boboi siap menolong

Sampai disini udah mulai kacau, akhirnya boboiboy menghancurkan gunung demi menyelamatkan harimau dan singa hahahaha…

Kegiatan ini dapat mengenalkan sains kepada anak pra sekolah dengan cara bermain tentunya… Saya membiarkan Z bereksplorasi dengan gunungnya, yang penting ati2 kalau pegang campuran soda dan cukanya. Kayaknya kok keras hahaha…

Sekian, semoga menginspirasi. Cheers 😀

Advertisements

One thought on “Membuat Diorama Gunung Meletus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s