NHW #5 Matrikulasi IIP: Learning How to Learn

DESAIN PEMBELAJARAN

What?

  1. Proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).
  2. Suatu proses desain dan sistematis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, serta membuat kegiatan pembelajaran lebih mudah, yang didasarkan pada apa yang kita ketahui mengenai teori-teori pembelajaran, teknologi informasi, sistematika analisis, penelitian dalam bidang pendidikan, dan metode-metode manajemen (Morisson, Ross&Kemp 2007).
  3. Praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. proses ini berisi penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran, dan merancang “perlakuan” berbasis-media untuk membantu terjadinya transisi.

Why?

  • tujuan pembelajaran dapat tercapai dan diterima dengan baik oleh peserta didik
  • mencapai solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan sejumlah informasi.
  • menemukan cara terbaik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik

How?

Setelah baca2 di beberapa sumber, kayaknya saya lebih gampang mencerna yang model ASSURE hehehe…

Model ASSURE merupakan langkah merancanakan pelaksanaan pembelajaran di ruang kelas secara sistematis dengan memadukan penggunaan terknologi dan media. Model ASSURE menggunakan tahap demi tahap untuk membuat perancangan pembelajaran yang dapat dilihat dari nama model tersebut, yaitu ASSURE. Model disain pembelajaran yang dikembangkan oleh Sharon E. Smaldino, James D. Russel, Robert Heinich dan Michael Molenda ini merupakan akronim dari:

  • A – Analilyze Learner
  • S – State standard and objectives
  • S – Select Strategy, Technology, Methods, Media,and Materials
  • U – Utilize Technology, Media and Materials
  • R – Requires Learner Participation
  • E – Evaluate and Revise

Desain Pembelajaran untuk saya.

Di bawah saya akan coba membuat desain pembelajaran bagi materi sesuai dengan bidang yang ingin saya kuasai di NHW #4 lalu.

1. Analyze Learner

Waktu SMA saya pernah ikut tes untuk menentukan kita tipe pembelajar seperti apa, apakah visual, auditori, atau kinestetik. Hasilnya, skor visual dan kinestetik saya seimbang. Memang sih saya paling nggak bisa belajar kalau kondisinya berisik. Saya akan lebih mudah paham kalau belajar dengan gambar, grafik, chart atau media visual lain yang berwarna-warni. Selain itu, saya juga suka banget praktek langsung di lapangan/di lab (kecuali fisika, help!).

2. State objective

Bidang Pendidikan Anak:
– Menguasai ilmu seputar pendidikan anak
– Menguasai ilmu-ilmu dalam IIP

Bidang Enterpreneurship:
– Menguasai teknik leather craft
– Menguasai teknik fabric craft
– Menguasai ilmu marketing

3. Select Strategy, Technology, Methods, Media,and Materials

nhw-5

4. Utilize Technology, Media and Materials

Menyusun jadwal belajar sesuai tujuan (objective) yang telah ditetapkan di atas. Jadwal/kurikulum tersebut dilengkapi dengan cara belajar serta media dan material yang diperlukan.

5. Requires Learner Participation

Learning by doing:
Baca, pahami, siapkan material yang diperlukan, praktekan.

6. Evaluate and Revise

 Evaluasi dapat dilakukan dengan menggunakan checklist pada NHW #2 dan/atau meminta bantuan pihak lain, minta suami untuk pantau progresnya misalnya hehehehe.. Berdasarkan masukan dari beliau, revise.

Bahan evaluasi:

  1. Dokumentasi kegiatan bermain/belajar bersama anak
  2. Kelulusan mengikuti kelas2 di IIP
  3. Peningkatan kemampuan level kreasi barang2 craft

 

Sumber:
https://mastugino.blogspot.co.id/2013/06/model-model-desain-pembelajaran.html?m=0
http://ervindasabila.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html?m=1
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_pembelajaran

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s